skip to main | skip to side

Biografi Robert Noyce – Pendiri Intel Corporation Bersama Gordon Moore

Info Tokoh Dunia: Biografi Robert Noyce – Pendiri Intel Corporation Bersama Gordon Moore.
Robert Noyce
Telah diulas sebelumnya bahwa Intel Corporation didirikan oleh dua orang ahli fisika yaitu Gordon Moore dan Robert Noyce. Gordon Moore telah diulas di artikel sebelumnya. Kali ini penulis akan mengulas tentang Biografi Robert Noyce.

Biografi

 Robert Noyce dilahirkan di Burlington, Iowa, Amerika Serikat pada tanggal 12 Desember 1927. Ayahnya bernamaRalph Brewster Noyce yang seorang pendeta dengan lulusan di tiga universitas dan ibunya Harriet May Norton, seorang wanita cerdas, ahli matematika dan ambisius. Roberrt Noyce adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Nama saudara-saudaranya adalah Donald Sterling Noyce, Gaylord Brewster Noyce dan Ralph Harold Noyce.

Robert Noyce menghabiskan masa kecil dan masa sekolahnya di tempat kelahirannya. Ketika masuk di perguruan tinggi, ia bertemu dengann Gordon Moore yang kemudian berpartner dalam mendirikan perusahaan mikroprosesor terkemuka, Intel Corporation.

Robert Noyce sangat menonjol di bidang matematika, fisika, menyanyi, bermain musik, drama dan berenang. Ketika lulus dari Grinnel Chollege, Robert Noyce mendapat penghargaan dari teman-teman sekelasnya, the Brown Derby Prize, yang diberikan kepada "the senior man who earned the best grades with the least amount of work".

Membangun Intel Corp

Bersama dengan Gordon Moore, Robert Noyce masuk kedalam tim peneliti Shockley lalu keluar dan mendirikan Fairchild Semikonduktor yaitu lembaga penelitian dan pengembangan mikroprosesor yang merupakan asal mula Intel.

 Ketika mereka berdua berhasil membuat sebuah chip yang bisa bekerja seperti komputer mainframe, mereka lalu mendirikan  Intel Corp pada 18 Juli 1968 dimana awal mulanya bernama NM Electronics dengan NM adalah kepanjangan dari Noyce Moore.

Mereka berdua lalu mencetak kesuksesan demi kesuksesan bersama Intel Corp baik itu dari segi bisnis maupun dari segi penemuan –penemuan di bidang mikroprosesor. Intel menjelma menjadi raksasa bisnis di tangan mereka berdua.

Untuk rinciannya tentang bagaimana mereka berdu mengembangkan Intel Corp telah diulas di artikel tentang Biografi Gordon Moore – Pendiri Intel Corp.

Pernikahan, Prestasi dan Kematian

Robert Noyce memperistri seorang wanita yang bernama Ann Schmeltz Bowers. Mereka menikah pada tanggal 27 November 1974. Istrinya juga seorang ahli dibidang elektronika.

Selama bekerja dalam penelitian, Robert Noyce memegang 16 hak patennya yaitu pada bidang metode semikonduktor, perangkat dan struktur, termasuk aplikasi dari photoengraving untuk semikonduktor, dan menyebar-persimpangan isolasi untuk IC. Dia juga memegang paten dasar yang berhubungan dengan skema interkoneksi logam.

Robert Noyce tutup usia pada 3 Juni 1990 akibat serangan jantung. Beliau meninggal di Seton Medical Center, Austin, Texas. Beliau juga dimakamkan dikota itu.

Jasa-jasa Noyce sangatlah bermanfaat bagi umat manusia. Karena berbagai penemuannyalah saat ini tercipta komputer PC, Laptop, hp dan peralatan elektronika yang serba mini.

Yuk Baca Biografi Dibawah Ini. Bagus-Bagus Lho...
Biografi Gorgon Moore - Pendiri Intel Corporation
Biografi Rusdi Kirana – Pendiri dan Pemilik Lion Air
Biografi Eka Tjipta Widjaja – Pendiri dan Pemilik Konglomerasi Sinar Mas Group
Biografi Sukanto Tanoto – Salah Satu Dari 10 Orang Terkaya Indonesia | Pemilik Group Konglomerasi Raja Garuda Mas
Biografi Sukamdani Sahid Gitosardjono – Pendiri Hotel Sahid dan Pemilik Jaringan Bisnis Sahid Group
Biografi Alexander Graham Bell – Penemu Telepon
Biografi Nelson Mandela – Presiden Afrika Selatan 
Biografi Alexander Bain – Sang Penemu Mesin Faks
Biografi Alessandro Volta – Penemu Baterai
Biografi Paul Walker – Aktor Hollywood Bintang Film Fast & Furious 7

Related Posts: Biografi Robert Noyce – Pendiri Intel Corporation Bersama Gordon Moore