skip to main | skip to side

Biografi Fauzi Saleh – Mantan Satpam Yang Menjadi Pengusaha Properti Sukses

Info Tokoh Dunia: Biografi Fauzi Saleh – Mantan Satpam Yang Menjadi Pengusaha Properti Sukses.
Fauzi Saleh
 Kesuksesan bukan hanya monopoli anak pejabat. Kesuksesan juga tidak hanya milik mereka yang punya modal besar atau yang berpendidikan tinggi. Semua orang ber hak sukses. Semua orang telah dibekali gen sukses oleh Yang Maha Kuasa. Tinggal bagaimana kita saja mengolahnya.

Pernahkah kaliann bayangkan seorang mantan satpam yang kemudian menjadi pengembang properti mewah? Ya, ini dialami oleh Fauzi Saleh. Mantan satpam gudang yang sukses dalam bisnis real estate. Berikut ini kisahnya.

Biografi Fauzi Saleh

Fauzi Saleh adalah anak asli Betawi. Beliau lahir di Tanah Abang, Jakarta. Beliau juga tidak mengenyam pendidikan tinggi. Sekolahnya hanyalah tamatan SMP. Selepas SMP beliau bekerja sebagai tukang cuci disebuah bengkel mobil dimana saat itu gaji per minggu yang diterimanya tak lebih dari 700 rupiah.
Setelah lama menjadi tukang cuci mobil, Fauzi Saleh kemudian melamar sebagai satpam disebuah pergudangan pada tahun 1989.

Saat bekerja sebagai buruh dan kuli cuci, Fauzi terus berfikir bagaimana caranya untuk meningkatkann taraf hidupnya. Hasil gajinya beliau tabung hingga terkumpul 30 juta. Lalu uang itu beliau belikan tanak seluas 6x15m dimana lalu beliau bangun rumah ditanah itu. Setelah rumah jadi, beliau tawarkan rumah itu hingga laku terjual 51 juta.

Menjadi Kontraktor

Pesona Khayangan

Uang hasil pembeliannya itu beliau belikan tanah lagi dan begitu seterusnya hingga pada 1992 Fauzi mmeberanikan diri terjun di bisnis real estate yang lebih luas lagi dengan menjadi pengembang perumahan Pesona Depok 1 sebanyak 470 unit, Pesona Depok 2 sebanyak 360 unit, Pesona Khayangan 1 sebanyak 500 unit dan Pesona Khayangan 2 sebanyak 1100 unit.

Setiap rumah yang dibangun oleh Fauzi dibandrol dengan harga mulai 200 jutaan hingga 600 jutaan dimana ketika tahun 90-an harga segitu adalah harga untuk perumahan kelas atas alias elit.

Tak pernah disangka oleh Fauzi jika hidupnya bakal berubah 720 derajat. Bahkan keluarganya pun tak mengira anak lulusan SMP ini bakal menjadi bos perumahan mewah di Jakarta. Fauzi hanya bisa menjawab bahwa “Ini semua dari Alloh, saya tidak ada apa-apanya”. Begitulah jawaban cerdasnya.

Berbagi

Walau sudah sukses,, Fauzi tak pernah lupa bersyukur bahkan semakin ditingkatkannya. Terutama dalam membayar zakat. Di setiap kesempatan Fauzi yang telah beribadah haji ke tanah suci ini selalu menggelar pengajian dan tak lupa berzakat. Tak diitung-itung lagi olehnya, sedekah yang ia keluarkan melebihi 70 miliar yaitu 60% dari keuntungan propertinya sedangkan untuk investasi kembali sebesar 40%.

Dalam hal kesejahteraan karyawan, Fauzi pun bisa menjadi teladan. Sekitar 2000 karyawan yang bekerja padanya mengaku puas dengan gaji serta bonus-bonus yang diberikan Fauzi padanya. Untuk bonus-bonusannya sendiri, Fauzi tak ragu-ragu memberikan hingga 10 kali gaji dalam setahun sehingga jika dihitung-hitung setiap karyawannya mendapatkan 22 kali gaji per tahun. Maka dari itu banyak karyawannya yang rela bekerja melebihi jam kerja walau tak disuruh. Mereka sangat betah bekerja pada Fauzi.

Banyak yang bertanya-tanya mengapa Fauzi melakukan hal itu, beliau hanya menjwab, “Saya hanya mengambil sekedarnya untuk kebutuhan saya, selebihnya saya kembalikan ke karyawan dan sosial.”
Keyakinan yang dipegang Fauzi adalah, “Jika setiap bangun pagi kita bisa mensyukuri dengan tulus apa yang telah kita miliki hari ini, niscaya sepanjang hari kita bisa menikmati hidup ini dengan bahagia.”

Wow... Sungguh kisah yang sangat menginspirasi sekali. Fauzi Saleh tidak hanya mendapatkan kekayaan dunia namun beliau juga membangun real estate-nya di surga melalui amal kebajikan yang dilakukannya. Alloh akan melipatgandakan rezeki orang-orang yang mau membelanjakan hartanya dijalan Alloh sampai beribu kali lipat. Alloh benar-benar menepati janjinya. Semoga kita bisa memetik pelajaran dari kisah ini dan meneladaninya sehingga kita juga bisa mendapatkan kesuksesan seperti beliau. Amin.


Sukses terus untuk Fauzi Saleh. Sukses dunia akherat.

Yuk Baca Biografi Yang Tak Kalah Bagus Dibawah Ini :
Biografi Soedono Salim | Liem Sioe Liong | Om Liem – Taipan No 1 Indonesia
Biografi Erick Thohir – Pengusaha Indonesia | Presiden Klub Inter Milan
Biografi Kevin Systrom – Pendiri Instagram, Jejaring Sosial Khusus Untuk Berbagi Foto
Biografi Fusajiro Yamauchi – Pendiri Nintendo, Permainan multimedia Modern
Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics
Biografi Stan Shih – Pendiri Acer Computer
Biografi Harry Tanoesoedibjo – Penguasa Jaringan Media di Indonesia
Biografi Robert Noyce – Pendiri Intel Corporation Bersama Gordon Moore
Biografi Gorgon Moore - Pendiri Intel Corporation
Biografi Rusdi Kirana – Pendiri dan Pemilik Lion Air

Related Posts: Biografi Fauzi Saleh – Mantan Satpam Yang Menjadi Pengusaha Properti Sukses