skip to main | skip to side

Biografi Kevin Systrom – Pendiri Instagram, Jejaring Sosial Khusus Untuk Berbagi Foto

Info Tokoh Dunia: Biografi Kevin Systrom – Pendiri Instagram, Jejaring Sosial Khusus Untuk Berbagi Foto.
Kevin Systrom

Akhir-akhir ini ada suatu trend di dunia maya yaitu Situs jejaring sosial dimana dipelopori oleh facebook mampu membuat orang betah berlama-lama di depan komputer. Salah satu dari situs jejaring sosial yang memiliki keunikan tersendiri adalah Instagram yaitu sebuh situs jejaring sosial yang mengkhususkan untuk berbagi foto antar sesama.

Siapakah pendiri Instagram ini? Dialah dua orang pemuda Kevin Systrom dan Mike Krieger. Dalam kesempatan kali ini penulis hanya akan mengulas tentang Biografi Kevin Systrom.

Biografi

Kevin Systrom dilahirkan pada tanggal 30 Desember 1983 di Holliston, Massachusetts, Amerika Serikat. Ia adalah putra dari pasangan Douglas Systrom dan Diane. Kedua orang tia Kevin adalah seorang profesional, ayahnya sebagai kepala sumber daya manusia dan ibunya seorang marketing eksekutif.

Kevin Systrom menghabiskan masa sekolahnya hingga SMA di Massachusetts. Ia lalu mendaftar sebagai mahasiswa di Standford University dengan mengambil jurusan Management Science and Engineering. Kevin mendapat gelar sarjananya pada tahun 2006.

Menimba Pengalaman Di Perusahaan Startup

Ketika masih berstatus mahasiswa, Kevin pernah bekerja paruh waktu di  perusahaan startup yaitu Odeo. Belakangan Odeo adalah yang membidani lahirnya layanan mikrobloging, Twitter. Setelah mendapat gelar sarjana, Kevin kemudian bekerja di Google dengan jabatan sebagai manajer pemasaran produk yaitu bekerja pada produk seperti Gmail, Google Calendar, Docs dan Spreadsheets.

Setelah mendapat pengalaman yang cukup dari Google, Kevin kemudian bekerja pada Nextstop yaitu startup yang didirikan oleh mantan karyawan Google. Posisi Kevin lagi-lagi adalah dibidang pemasaran namun Kevin juga sering membantu memberi usulan dalam hal coding.

Menciptakan Perusahaan Sendiri

Pengalaman Kevin sewaktu bekerja di beberapa perusahaan startup mmebuatnya berfikir untuk mendirikan perusahaan sendiri. Ia kemudian menciptakan aplikasi bernama Burbn yang kelak akan berubah menjadi Instagram.

Awal perkembangannya, Burbn Inc lebih mengkhususkan pada HTML5 mobile. Versi pertama dari Bubn telah siap diluncurkan dan bisa digunakan pada iPhone namun isinya terllau banyak fitur sehingga kurang unik. Akhirnya Kevin dan Mike memutuskan untuk fokus pada aplikasi foto agar memiliki keunikan tersendiri dari facebook yang saat itu menjadi pesaing mereka.

Membuat Instagram

Terciptalah sebuah aplikasi yang disebut Instagram yang berfokus pada aplikasi foto, komentar, dan untuk menyukai foto. Instagram berasal dari dua kata yaitu “instan” dan “telegram”. Instan artinya foto instan dan telegram yang artinya mengirimkan informasi secara cepat. Jadi Instagram artinya aplikasi berbagi foto dengan cepat karena menggunakan jaringan internet.

Segera setelah Kevin Systrom dan Mike Krieger menyempurnakan Instagram mereka berdua lalu meluncurkan produknya dan sudah diramalkan sebulan setelah peluncurannya Instagram mampu menyabet 1 juta user. Kemudian berkembnag terus hingga dalam satu tahun berhasil menyabet lebih dari 10 juta user.

Menjual Instagram ke Facebook

Melihat kesuksesan Instagram, Mark uckerberg selaku pemilik Facebook menginginkan untuk mengakuisisinya. Jadilah pada 2012 lalu Instagram dibeli oleh Facebook dengan nilai yang sangat fantastis yaitu 1Miliar USD. Ini adalah angka yang paling besar dalam pembelian aplikasi dalam sejarah facebook.

Pengakuisisian itu membuat Kevin Systrom dan Mike Krieger menjadi seorang miliarder baru. Sedangkan Instagram dibawah bendera facebook menjadi semakin populer dengan jumlah user yang terus bertambah. Tak hanya untuk berbagi foto, Instagram juga dapat digunakan untuk mengedit foto dengan 16 efek yang dimilikinya. Foto-foto tersebut kemudiandapat di download melalui berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Filckr, Foursquare serta Posterous.

Kevin & Mark Zuckerberg
Foto-foto ini pun dapat di save kedalam berbagai gadget seperti iPhone, android dan lainnya. Pengguna Instagram juga dapat secara langsung memanfaatkan fitur yang ada dalam Instagram untuk mengatur coloring dari foto. Dalam Instagram juga dilengkapi dengan efek kamera tilt-shift dimana fungsinya adalah untuk mmefokuskan sebuah foto di titik tertentu. Instagram juga memungkinkan user untuk memutar fotonya sesuai yang diinginkan.

Instagram dapat diaplikasikan melalui iPhone, iPad, Ipod touch versi apapun dengan menggunakan operating system ios 3.1.2 atau yang lebih new dan juga dengan Android versi apapun dengan OS 2.2 (Froyo) dan yang lebih baru. Para pengguna Windows Phone pun juga bisa menggunakannya. Hanya Blackberry saja yang elum mensupport aplikasi ini.

Dengan kecanggihan yang dimilikinya, Instagram juga menyimpan kelemahan yaitu terbatasnya ukuran foto namun mungkin suatu saat kekurangan ini dapat diatasi.

Kevin dan Mike (Duo Pendiri Instagram)
Bagus Khan Biografi Diatas, Yuk Baca Juga Biografi Dibawah Ini, Bagus-Bagus Lho....
Biografi Fusajiro Yamauchi – Pendiri Nintendo, Permainan multimedia Modern
Biografi Tokuji Hayakawa – Pendiri SHARP Electronics
Biografi Stan Shih – Pendiri Acer Computer
Biografi Harry Tanoesoedibjo – Penguasa Jaringan Media di Indonesia
Biografi Robert Noyce – Pendiri Intel Corporation Bersama Gordon Moore
Biografi Gorgon Moore - Pendiri Intel Corporation
Biografi Rusdi Kirana – Pendiri dan Pemilik Lion Air
Biografi Eka Tjipta Widjaja – Pendiri dan Pemilik Konglomerasi Sinar Mas Group
Biografi Sukanto Tanoto – Salah Satu Dari 10 Orang Terkaya Indonesia | Pemilik Group Konglomerasi Raja Garuda Mas
Biografi Sukamdani Sahid Gitosardjono – Pendiri Hotel Sahid dan Pemilik Jaringan Bisnis Sahid Group

Related Posts: Biografi Kevin Systrom – Pendiri Instagram, Jejaring Sosial Khusus Untuk Berbagi Foto