skip to main | skip to side

Biografi Gita Wirjawan – Capres Indonesia 2014 | Pendiri Ancora Capital

Info Tokoh Dunia: Biografi Gita Wirjawan – Capres Indonesia 2014 | Pendiri Ancora Capital.
Gita Wirjawan
Tahun 2014 adalah tahun pemilu, tahun politik dan tahun “panas”. Pasalnya di 2014 mendatang bakal diadakan pesta demokrasi yang biasa terjadi per lima tahun sekali yaitu Pemilu. Salah satu calon presiden yang sedang naik daun popularitasnya adalah Gita Wirjawan. Gita Wirjawan termasuk tokoh baru di perpolitikan Indonesia. Berikut ini akan diulas Biografi Gita Wirjawan.

Lahir dan Menempuh Pendidikan
Gita Wirjawan lahir pada tanggal 21 September 1965 di Jakrta dengan nama lengkap Gita Irawan Wirjawa. Ia adalah anak dari pasangan Wirjawan Djojosoegito dan Paula Warokka Wirjawan. Ayah Gita adalah seorang profesor kedokteran di Yogyakarta. Sedangkan sang ibu berasal dari Remboken, Minahasa, Sulawesi Utara.

Gita (panggilan akrab Gita Wirjawan) menempuh pendidikan S1 nya di University of Texas, Amerika Serikat. Setelah lulus, ia melanjutkan studi S2 nya di Baylor University dengan jurusan Administrasi Bisnis.

Bekerja di Perusahaan Multinasional
Setelah mengantongi gelar S2, Gita kemudian bekerja di Citibank, sebuah perusahaan perbankan yang cukup bergengsi di dunia. Setelah cukup sukses meniti karir di Citibank, Gita berpindah ke ST Telekomunikasi yaitu perusahaan di Singapura. Ia bekerja di perusahaan tetangga tersebut hingga tahun 2006.

Pengalaman Gita pada perusahaan multinasional membuatnya kemudian dipercaya menjadi direktur utama perusahaan JP Morgan di Indonesia. Di perusahaan ini prestasi Gita cukup bagus. Namun Gita tak puas hanya menjadi pegawai perusahaan orang. Ia ingin menunjukkan bahwa kepiawaiannya mengelola perusahaan tak terbatas hanya di perusahaan besar saja. Ia kemudian mundur dari JP Morgan.

Mendirikan Perusahaan Sendiri
Gita Wirjawan kemudian mendirikan sendiri perusahaannya yaitu Ancora Capital yaitu sebuah perusahaan investasi keuangan. Gita benar-benar ingin membuktikan bahwa dirinya bisa mendirikan dan membesarkan perusahaannya sendiri. Kemampuannya dibidang finansial memang patut diacungi jempol. Terbukti Ancora Capital tumbuh menjadi perusahaan yang cukup sukses. 

Lewat Ancora Capital, Gita Wirjawan mampu mengambil alih saham beberapa perusahaan besar seperti PT Bumi Resources, Perusahaan Apexindo Pratama Duta, Perusahaan Multi Nitrat Kimia, Perusahaan property yang ada di Bali, dan juga beberapa perusahaan properti yang ada di Jakarta.

Penggemar Jazz dan Golf

Gita Wirjawan saat tampil membawakan musik jazz

Selain berbisnis, Gita juga sangat gemar dengan musik jazz. Saking sukanya dengan musik ini, Gita sampai mendirikan rumah produksi musik sendiri yaitu Omega Pacific Production. Rumah produksi ini telah menelurkan banyak album musik jazz. Beberapa diantaranya dibawakan oleh pianis Nial Djuliarso dan juga kelompok Bali Loungue dimana vokalisnya adalah Tompi serta Jaz Cherokee. Gita juga menulis dan mengaransemen sendiri lagu-lagu jazznya.

Gita Wirjawan juga sangat suka berolahraga terutama Golf. Ia bahkan sampai membangun sekolah per-Golf-an “Ancora Golf”.

Menjadi Ketua BKPM
Sukses denga Ancora Capital, Gita Wirjawan kemudian menggabungkan diri dengan Kabinet Indonesia Bersatu pada 11 November 2009 lalu. Ia kemudian menempati kedudukan sebagai ketua BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dimana tugasnya adalah membenahi segala urusan yang sangkut pautnya dengan penanaman modal atau investasi di Indonesia.

Capres 2014
Saat ini Gita Wirjawan digadang-gadang sebagai anak emas SBY dan bakal menjadi salah satu Capres di Pemilu 2014 mendatang.
Kita tunggu dan lihat saja siapa “pemenangnya”....


Yuk Dibaca Juga Biografi Dibawah Ini :
Biografi Kate Middleton – Istri Pangeran William
Biografi Pangeran William – Putera Pertama Lady Diana dan Suami Kate Middleton
Biografi Lady Diana – Putri Cantik dari Inggris
Biografi Evan Dimas – Pemain Muda Berbakat dalam Sepakbola Indonesia
Biografi Diego Michiels – Pemain Naturalisasi Yang Mulai Bersinar
Biografi Rahmad Darmawan – Pelatih Sepakbola Terbaik Indonesia
Biografi Indra Sjafri – Pelatih Timnas Garuda Muda
Biografi Winarto Estillo | Kisah Sukses Erwin – Pemilik Tahu Kress
Biografi Edi S Kurniawan – Buruh Pabrik Yang Sukses Membangun Bisnis Online
Biografi Oki Setiana Dewi – Artis Indonesia Tercantik

Related Posts: Biografi Gita Wirjawan – Capres Indonesia 2014 | Pendiri Ancora Capital