skip to main | skip to side

Biografi Alexander Bain – Sang Penemu Mesin Faks

Info Tokoh Dunia: Biografi Alexander Bain – Sang Penemu Mesin Faks.
Alexander Bain
Pernahkah kalian mengirim dokumen dengan menggunakan mesin fax? Tahukah kalian siapa penemu mesin canggih ini? Beliau adalah Alexander Bain. Untuk lebih lengkapnya, yuk dibaca kisah suksesnya dalam Biografi Alexander Bain.

Biografi

Alexander Bain adalah seorang ilmuwan asal Skotlandia. Beliau dilahirkan pada bulan Oktober tahun 1811 di Watten, Caithness, Skotlandia. Beliau adalah salah satu asisten dari Samuel Morse yaitu ilmuwan yang telah menemukan telegraf listrik. Mereka berdua telah berhasil menciptakan alfabet khusus yang digunakan di telegraf yang kemudian disebut dengan kode Morse.


Menemukan Mesin Faks

Berawal dari penemuan telegraf listrik ini, Alexander Bain kemudian melakukan eksperimen lanjutan. Jika dalam telegraf listrik sinyal itu berubah menjadi tulisan yang masih berbentuk sandi morse, maka dalam mesin fax sinyal-sinyal tersebut diteruskan melewati sejenis kertas yang direndam dalam cairan kimia. Sinyal itu kemudian akan membuat bahan kimia menguap dan meninggalkan tulisan yang langsung bisa dibaca sesuai dengan tulisan si pengirim.
Mesin Fax Pertama

Alexander Bain menemukan mesin fax pada tahun 1843. Saat ini penggunaan mesin fax sedikit demi sedikit tergantikan oleh internet. Kita bisa langsung mengirim dokumen melalui email atau jejaring sosial. Namun sebagian orang masih tetap mempertahankan mesin fax karena sudah terbiasa menggunakannya.

Ketika mesin fax baru saja ditemukan, harga satu unit mesin fax bisa mencapai $500. Namun belakangan ini kita bisa mendapatkan mesin fax baru yang canggih hanya dengan harga $50 atau sekitar 500 ribu rupiah saja. Itu sudah termasuk perangkat yang juga bisa digunakan untuk printer, scan, mencetak dan menyalin.

Mesin Fax Modern
Tutup Usia
Jam Elektrik, penemuan Alexander Bain lainnya
Alexander Bain telah berjasa dalam menemukan mesin fax yang merupakan cikal bakal internet fax. Dunia patut berterimakasih padanya. Alexander Bain tutup usia pada tahun 1877. Alexander Bain beristirahat dengan tenang di kota Kirkintilloch dan jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Old Aisle.

Yuk Baca Biografi Dibawah Ini, Dijamin Keren Abis:
Biografi Alessandro Volta – Penemu Baterai
Biografi Paul Walker – Aktor Hollywood Bintang Film Fast & Furious 7
Biografi Al Capone – Pentolan Gangster atau Mafia Terbesar Amerika
Biografi Akira Toriyama – Komikus Dragon Ball
Biografi Jendral Ahmad Yani – Salah Satu Pahlawan Revolusi
Biografi Ahmad Dhani – Musisi Legendaris Indonesia
Biografi Haji Agus Salim – Pahlawan Nasional dan Tokoh Pergerakan Nasional
Biografi Augustus Caesar – Kaisar Romawi Pengganti Yulius Caesar
Biografi Jendral A.H Nasution – Jendral Besar Yang Taat Beribadah
Biografi Adolf Hitler – Sang Diktator dari Jerman

Related Posts: Biografi Alexander Bain – Sang Penemu Mesin Faks