skip to main | skip to side

Biografi Yataro Iwasaki – Pencipta dan Pendiri Mitsubishi

Info Tokoh Dunia: Biografi Yataro Iwasaki – Pencipta dan Pendiri Mitsubishi.
Yataro Iwasaki
Jepang adalah salah satu negara termaju dan terkuat di dunia setelah Amerika Serikat. Sebagai negara dengan kekuatan ekonomu nomor dua di dunia, Jepang di sokong oleh industri-industri dan perusahaan – perusahaan bertaraf internasional seperti Honda Motor Company, Toyota dan Mitsubishi.

Jika kita mendengar nama Mitsubishi, dalam otak kita langsung menuju pada perusahaan yang memproduksi mobil, bus dan truk. Tetapi tahukah kawan, itu hanyalah salah satu dari 400 cabang industri yang dimiliki Mitsubishi Headquarters. Banyak sekali hidang usaha yang berada di bawah organisasi ini seperti finansial, perkapalan, bahan-bahan kimia dann lain-lain.

Tahukah teman siapakah orang dibalik kesuksesan Mitsubishi ini? Dialah Yataro Iwasaki, seorang anak petani miskin yang pernah dipenjara selama tujuh bulan karena membela ayahnya yang sedang bertikai dengan kepala desa setempat. Seorang anak dari daerah pedalaman Jepang yang kemudian mengadu nasib di kota dan akhirnya mengubah takdirnya serta turut andil dalam memajukan bangsanya yakni Jepang menjadi negara hebat ke dua di dunia. Bagaimana asal ceritanya, seorang anak petani miskin, anak desa bisa menjadi konglomerat kelas wahid dan menjadi ‘pahlawan’ bagi diri, keluarga dan bangsanya. Berikut Biografi Yataro Iwasaki.

Biografi

Yataro Iwasaki dilahirkan di Aki, propinsi Tosa (sekarang Kochi) Jepang pada tanggal 9 Januari 1835. Ayahnya adalah petani miskin, walau begitu Yataro Iwasaki sangat semangat untuk merubah hidupnya. Pada usia 19 tahun, Yataro Iwasaki merantau ke Edo (sekarang bernama Tokyo). Tujuan yang sebenarnya adalah untuk bersekolah, namun kemudian Iwasaki (panggilan Yataro Iwasaki) bekerja pada klan Tosa. Ketika itu banyak sekali didirikan klan-klan untuk merangsang anak-anak muda agar gemar berbisnis. Dari Sinilah pengalaman pertama Iwasaki dalam dunia bisnis.

Belum lama menghirup udara Edo (Tokyo), Iwasaki mendapat kabar dari kampung halamannya bahwa ayahnya mengalami sakit serius karena berselisih dengann kepala desa setempat. Mendengar hal itu Iwasaki langsung pulang ke rumahnya di Aki. Merasa ayahnya tidak bersalah, Iwasaki menyatakan banding pada hakim setempat, namun karena ia dan keluarganya adalah orang ‘kecil’  maka hakim tak menggubris banding dari Iwasaki. Iwasaki pun marah dan menuduh sang hakim tak adil dan menerima suap. Karena keberaniannya inilah akhirnya Yataro Iwasaki dihadiahi penjara selama 7 bulanan (dari dulu hingga sekarang dan dimana saja ternyata sama, peradilan dan keadilan hanya milik orang besar dan kuat saja).  Setelah tujuh bulan dipenjara, akhirnya Yataro Iwasaki dibebaskan. Setelah bebas, ia tak memiliki pekerjaan tetap namun akhirnya ia diterima sebagai guru sekolah di desanya.

Sekian lama menjadi guru desa, akhirnya Iwasaki berhasil mengumpulkan sejumlah uang sebagai bekal kembali ke Edo. Di Edo, ia bergabung dengan gerakan reformasi dibawah kepemimpinan Yoshida Toyo, itu adalah gerakan politik pertama yang diikuti Iwasaki. Yoshida Toyo adalah reformis yang menyuarakan tentang pembangunan ekonomi bangsa yang berlandaskan pada industri dan perdagangan luar negeri. 

Aktif Berbisnis

Karena keaktifannya, Iwasaki akhirnya diangkat sebagai posisi teratas di marga Tosa di kota Nagasaki yang merupakan kota pelabuhan yang ramai. Tanggungjawabnya adalah menangani tentang perdagangan minyak kamper dan kertas untuk ditukarkan dengan senjata, kapal dan amunisi.

Pada tahun 1868, terjadilah restorasi Meiji yang membuat segala aktifitas bisnis di Nagasaki dipindahkan ke Osaka sebagai kota [elabuhan perdagangan utama. Selain itu pemerintah juga melarang segala bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan oleh klan. Hal ini membuat Iwasaki yang sudah melanglang uana dalam perdagangan mengambil alih kantor usaha klan Tosa yang telah diprivatisasi di Osaka dimana sebelumnya dirinya pernah bekerja.

Mendirikan Mitsubishi
Lambang Mitsubishi

Dua tahun setelah Restorasi Meiji yaitu pada tahun 1870, Yataro Iwasaki yang telah memiliki 3 kapal uap akhirnya mendirikan perusahaan perkapalan sendiri dengan nama Tsukumo Shokai, inilah awal mula perusahaan Mitsubishi. Nama perusahaan diganti dengan Mitsubishi pada bulan Maret 1873 yaitu ketika Yataro Iwasaki secara resmi menjadi pemimpinnya. Mitsubishi berasal dari dua kata yaitu Mitsu yang artinya tiga dan Hishi diartikan sebagai berlian. Jadi Mitsubishi berarti ‘Tiga Berlian’. Simbol tiga berlian yang menjadi simbol Mitsubishi berasal dari three-leaf crest milik klan Tosa (tempat dimana Yataro pertama kali bekerja) dan juga melambangkan three stacked rhombuses dari keluarganya (Iwasaki).

Yataro Iwasaki adalah tipikal orang pekerja keras, ulet dan sangat patuh pada pemerintah. Ia juga sangat dekat dengan orang-orang pemerintahan. Tak jarang ia menjamu para pejabat tersebut dengan mengeluarkan anggaran yang cukup besar, namun dari hal inilah akhirnya Yataro Iwasaki banyak dipercaya pemerintah untuk mengerjakan proyek-proyek besar. Ia juga mendapat subsidi rutin dari pemerintah. 

Kesempatan ini sangat dimanfaatkan Iwasaki untuk lebih membesarkan usahanya. Ia kemudian menambah jumlah kapalnya dan juga menambah jenis usahanya yang tidak hanya di bidang pengangkutann namun juga ke finansial, pertambangan dan lain sebagainya. Walau Iwasaki mendapat prioritas dari pemerintah, namun kualitas jasanya tetaplah dipertahankan, Ia selalu memberikan pelayanan yang terbaik.

Perusahaan yang didirikan oleh Yataro Iwasaki ini sebenarnya mengalami beberapa perubahan nama, antara lain Mitsukawa Shokai, Mitsubishi Shokai, Mitsubishi Jokisen Kaisha (Mitsubishi Steamship Company), serta Yubin Kisen Mitsubishi Kaisha (Mitsubishi Mail Steamship Company).

Cobaan Bisnis
Keluarga Yataro Iwasaki
Perjalanan Yataro Iwasaki bersama Mitsubishi tak selalu mulus. Pada tahun 1880 terjadi pergolakan politik dimana kekuasaan pemerintah yang mendukung Mitsubishi mulai melemah, ini tentu berdampak buruk bagi Mitsubishi. Terutama ada perusahaan sejenis yang menjadi saingan berat Mitsubishi. Untuk emnagtasi hal ini dibuatlah isu bahwa kedua perusahaan tersebut akan merger dan beralih nama menjadi Nippon YUSEN (NYK Line). Menghadapi hal ini Yataro Iwasaki tidaklah berdiam diri, ia malah membuka berbagai cabang usaha dengan bidang yang berbeda dari bidang pelayaran dan logistik seperti perbankan, asuransi laut, media masa serta memproduksi mobil, truk, bus dan sejenisnya.

Delapan tahun kemudian perusahaan pelayaran yang sempat merger tersebut beralih kembali ketangan Yataro Iwasaki. Ini menjadikan Mitsubishi sebagai konglomerasi yang patut diperhitungkan di Jepang. Kekayaan Yataro Iwasaki pun menembus angka satu juta yen saat itu, menjadikannya sebagai orang kaya dan koglomerat di jagat bsinis. Iwasaki begitu yakin bahwa dirinya bisa mengelola berbagai jenis bisnis dengan latar belakang berbeda. Ia memiliki prinsip tak ada yang tak mungkin selama mau belajar dan terus belajar.

Personality Yataro Iwasaki
Patung Yataro Iwasaki di depan Gedung Mitsubishi

Yataro Iwasaki memiliki visi yang panjang, ia sering menolong teman-temannya yang dikemudian hari membantunya dengan melakukan banyak kebaikan entah itu akhirnya menjadi konsumen bisnisnya atau menjadi promosi gratis bagi bisnisnya. Yataro Iwasaki sangat pandai membina hubungan bisnis yang akhirnya membantunya di masa depan.

Akan tetapi Yataro Iwasaki tak lama memangku jabatan utama di Mitsubishi, beliau meninggal karena kanker di usia ke 50 tahun yaitu pada tanggal 7 Februari 1885. Kepemimpinan Mitsubishi kemudian beralih ke saudara kandung Yataro Iwasaki yaitu Hisaya dan kemudian ke anak Yataro Iwasaki yaitu Koyata Iwasaki. Saat ini Mitsubishi membawahi lebih dari 400 perusahaan dengan latar belakang berbeda, mulai dari pelayaran hingga pertambangan, mulai dari pembuatan angkutan seperti bus dan truk hingga sekolah dan perbankan. Gaungnya pun hingga seluruh dunia. Mitsubishi tidak hanya berkuasa di Jepang namun juga di seluruh dunia hingga sekarang.

Buagus ya artikel diatas, Yukk baca artikel yang tak kalah bagus berikut ini :
Biografi Yngwie Malmsteen – Gitaris No 1 Dunia
Biografi Riezka Rahmatiana – Pengusaha Muda Pemilik dan Pendiri 100 Gerai Es Pisang Ijo
Biografi Ita Yulianti – Perempuan Tangguh Dalam Bisnis Teknologi Komunikasi dan IT
Biografi Natalia Soetrisna Tjahya – Pendiri Maria Monique Last Wish Foundation
Biografi Yulii Khariton – Penemu Bom Hidrogen Atau Bom Kiamat
Biografi Rustantiningsih – Guru Berprestasi Tingkat Nasional, Melalui Metode “DUGEM”
Biografi Putra Priyadi – Kaya Raya Karena Stroberi
Biografi Yohanes Surya – Bapak Fisiska Indonesia
Biografi Mooryati Soedibyo – Pendiri Perusahaan Mustika Ratu Dengan Modal 25 Ribu
Biografi Iim Fahima Jachja – Mantan Karyawati Yang Sukses Berbisnis On Line


Related Posts: Biografi Yataro Iwasaki – Pencipta dan Pendiri Mitsubishi