skip to main | skip to side

Biografi Asri Tadda – Blogger Kaya Raya Dari Indonesia

Info Tokoh Dunia: Biografi Asri Tadda – Blogger Kaya Raya Dari Indonesia.
Asri Tadda
Asri Tadda, mungkin nama ini belum begitu terkenal gaungnya di dunia nyata, tetapi bagi kalian yang suka blogging tentu tak asing dengan nama Asri Tadda. Dia adalah salah satu blogger atau internet marketer yang lumayan sukses dari Indonesia. Latar belakangnya bukanlah sekolah komputer. Beliau adalah dokter muda lulusan Universitas Hasanuddin. Bagaimana bisa Asri Tadda menggeluti dunia yang jauh berbeda dengan latar belakang pendidikannya. Berikut ini akan penulis ulas Biografi Asri Tadda.

Biografi

Jika ada sarjana Kedokteran (S.Ked) yang sibuk online di depan komputer ketimbang melakukan ko-asistensi di rumah sakit, Asri Tadda-lah orangnya. Jangan salah kira ia sedang keranjingan bergaul lewat facebook, twitter, atau situs sosialita lainnya atau bermain game online. Dokter lulusan Universitas Hasanuddin Makasar ini justru sedang mencetak dollar dari bisnis online.

Alih-alih terjebak dalam candu konsumerisme media internet, Asri Tadda yang di dunia maya lebih dikenal dengan nama Asta Qauliyah ini justru memanfaatkan candu itu untuk mengasah dunia kewirausahaannya. Ia telah berhasil mencetak pundi-pundi kekayaan dari hobi berselancar di dunia internet.

Asri Tadda dilahirkan di Luwu Timur, Sulawesi Selatan pada tanggal 3 April 1981. Ia meyakini bahwa belajar bisnis sejak dini akan menjadi solusi untuk menghadapi kompetisi hidup yang kian meningkat seiring dengan semakin bertambahnya populasi penduduk negeri ini. Berbekal keyakinan itu maka pada tahun 2005 ketika dirinya masih menjadi mahasiswa pre-klinik Fakultas Kedokterann UnHas, Asri mulai merintis bisnis advertising berbasis blog.

Untuk itu, Asri membuat banyak blog dengan beragam tema terutama tentang kedokteran dan kesehatan yang memang menjadi kompetensinya. Jika teman-temannya sesama dokter mempraktikkan langsung ilmunya pada pasien, maka Asri lebih memilih menjadi dokter internet yang menyebarkan ilmu kedokteran dan kesehatan yang dipelajarinya semasa kuliah kepada masyarakat luas melalui media blog.

Kini ia mengelola sekitar lebih dari 200 blog dengan tema yang lebih luas dan universal. Asri menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris di blog-blog yang dikelolanya. Asri sadar penetrasi blog menembus batas-batas geografis negara, sehingga penting sekali menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam blognya.
Bisnis yang dikembangkan Asri meluas ke berbagai layanan tetapi tetap berbasis internet. Ia juga menyediakan jasa internet marketing, web development, jasa konsultan dan mendirikan sekolah blog (blogging school). Asri juga mendirikan dan mengelola cafe yang ada free wifi-nya. Agar pasarnya lebih mengena ke sasaran ia menamai cafenya dengan nama Kafe BLOGGER. Kafe ini terletak di Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar.
Kafe Blogger

Semua bisnisnya dinaungi dalam bendera yang bernama Asta Media Group dimana dalam dua tahun semenjak didirikannya, Asri berhasil membukukan omset sebesar 480 juta per tahunnya atau dalam dua tahun sudah terkumpul kurang lebih 500 juta. Angka ini, kata Asri, meningkat terus di tahun-tahun berikutnya. Sehingga pada akhir tahun 2008, Asri meraih juara dua penghargaan wirausaha muda Mandiri tingkat nasional yang digelar Bank Mandiri.

Kunci Sukses Bisnis Asri Tadda

Sekilas tidak ada yang istimewa dari sosok Asri Tadda. Dia seperti anak muda kebanyakan yang senang bergaul, berselancar di dunia maya, dan aktif di berbagai kegiatan dan organisasi seperti  ketua BEM, ketua HMI cabang Makassar Timur, ketua LKMI dan lain sebagainya.

Yang membedakan Asri Tadda dengan mahasiswa lain ataupun dengan aktivis kampus lain adalah keluasan visinya akan bisnis, visi tentang menciptakan lapangan kerja baru minimal untuk dirinya. Kecintaannya pada blogging berawal saat ia mulai mengenal dunia maya yang kemudian akan menggiringnya pada terbukanya peluang bisnis di dunia per-blogging-an. Berawal dari aktivitasnya menulis jurnal online pada blog pribadinya, ia kemudian sadar ternyata blog bisa menghasilkan keuntungan.

Beberapa bulan kemudian Asri bergabung bersama teman-teman bloggernya dalam forum Paid Review. Pekerjaannya adalah mengulas situs orang lain dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris, dari sini ia dibayar antara $10-$15 per bulannya.

Dari situ Asri kemudian melanjutkan ke Paid Links. Dari sini ia bisa menangguk antara 50 hingga 100 dollar satu link per tahunnya. Dengan banyaknya jaringan blog yang dimiliki Asri maka dapat dibayangkan besarnya peluang dari membuat review dan memasang link di blog-blog  tersebut setiap tahunnya.

Besar kecilnya income yang diterima Asri tergantung pada banyaknya pengunjung ke situsnya, google page rank, dan kualitas konten situsnya. Dari seorang blogger amatiran, kini Asri Tadda mengembangkan beragam bisnis online antara lain Article Trade Inc, SEOSEMID Inc, Buy Link Post dan Publish My Articles. Selain itu ia juga mengembangkan layanan periklanan lokal melalui puluhan jaringan situs iklan baris  dan meluncurkan free blog services dengna nama Asta Log.com.

Berbagi Ilmu

Walau Asri Tadda sudah sukses dengan berbagai bisnis online-nya, ia tak ingin menikmatinya sendiri. Asri kemudian mendirikan Asta Media Blogging School dimana ada tiga program yang ditawarkan yaitu basic blogging untuk pemula, pro blogging untuk yang ingin cari duit lewat blog dan blogging for professional yaitu blogging untuk para pekerja profesi sepert dokter, pengacara, politisi, advokat dan lainnya.

Menurut Asri, sekolah yang didirikannya adalah untuk mencetak generasi yang melek internet. Disekolahnya ini orang akan dibimbing untuk tahu apa itu blog, bagaimana membuat dan mengoperasikannya serta bagaimana membuat blog menjadi ladang penghasilan bagi si empunya. Asri Tadda juga memberikan garansi bahwa para siswanya ditarget dapat menghasilkan income dalam jangka waktu maks tiga bulan dari mulai belajar, “Ya, di AstaMedia memang ada jaminan seperti itu,” ungkapnya tentang sekolah yang diklaimnya sebagai sekolah blogging pertama di Indonesia.

Ok dech sukses terus ya Mas Asri Tadda dan jangan sungkan-sungkan bagi ilmu bloggingnya buat kita-kita yang masih newbie agar bisa secepatnya menyusul kesuksesan Mas Asri Tadda he... he... he..

Biodata Asri Tadda
Nama : Asri Tadda
TTL : Palopo, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, 3 April 1981
Pendidikan : 1999-2003 S1 Fakultas Kedokteran, Universitas Hassanudin-Makassar
Nama Usaha : CV. Asta Media Link Perdana (Asta Media Group, Blogging School and Internet Marketing Center)
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan KM 8 No 28 Tamalanrea – Makassar 90245.

Penghargaan
2008 The Most Productive Writer in THIS Year-2004 dari Penerbitan Kampus (PK) UnHas
2008 Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri Kategori Mahasiswa Program Diploma dan Sarjana


Yuk Baca Biografi Yang JUga Menarik Berikut Ini :
Biografi Andi Sufariyanto – Pendiri Konglomerasi Adila Group, Berbisnis Untuk Pensiun Muda
Biografi Bayu Reksa Nugraha – Pemilik Banana Crispy, Berdagang Sejak SD
Biografi Anggara Kasih Nugroho Jati – Pemilik Bakso Kepala Sapi
Biografi Fahrurrazi – Pemilik dan Pendiri Sang Bintang School, Kampoenk Jenius
Biografi Hafiz Khairul Rijal – Pemilik Bisnis Es Dawet Cah Mbanjar
Biografi Dwi Kartika Sari – Pemilik Goeboex Coffe, Mencetak Uang Sendiri Saat Usia 22 Tahun
Biografi Doni Tirtana – Menghasilkan Rupiah Dari Bisnis Kampanye Keselamatan Kerja
Biografi Jefri Van Novis – Jadi Jutawan Melalui Brand Pakaian Dalam “Bonita”
Biografi WS Rendra – Penyair dan Sastrawan Indonesia
Biografi Yasser Arafat – Pejuang Kemerdekaan Palestina

Related Posts: Biografi Asri Tadda – Blogger Kaya Raya Dari Indonesia