skip to main | skip to side

Biografi Obama - Presiden Amerika Ke 44

Info Tokoh Dunia: Biografi Obama - Presiden Amerika Ke 44.

Barack Obama
Obama atau Barack Hussein Obama II adalah Presiden Amerika pertama yang berasal dari kulit hitam. Obama menjabat sebagai presiden mulai tahun 2009 hingga saat ini adalah masa jabatannya yang ke dua. Barack Obama adalah presiden Amerika yang ke 44.


Barack Obama menjadi begitu spesial bagi Bangsa Indonesia selain ia adalah orang kulit hitam pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat, ia juga pernah empat tahun tinggal dan sekolah di sekolah Indonesia. Berikut ini akan dituturkan secara lengkap Biografi Obama.

Lahir dan Masa Kecil

Presiden Obama atau Barck Hussein Obama atau Barck Obama dilahirkan pada tanggal 4 Agustus 1961 di Honolulu, Hawai. Ayahnya bernama Barack Obama, Sr adalah orang kulit hitam keturunan Kenya, Afrika. Sedangkan ibunya bernama Stanley Ann Dunham adalah wanita cantik kulit putih keturunan Inggris.

Ayah dan Ibunya bertemu ketika sama-sama berkuliah di kelas bahasa Rusia di University of Hawaiʻi at Mānoa. Saat itu ayah Obama memang mendapat beasiswa asing. Ayah dan Ibu Obama kemudian menikah di Wailuku, Maui, pada tanggal 2 Februari 1961 yaitu enam bulan sebelum Obama lahir.
Obama dan Ayahnya

Sesaat setelah Obama lahir, ibunya pindah ke Washington bersama bayi Obama dan ayahnya tetap di Hawai meneruskan pendidikannya. Ayah dan Ibu Obama kemudian bercerai pada tahun 1964 tepatnya di bulan Maret.

Ayahnya kemudian pulang ke Kenya dan menikah lagi, ayahnya hanya sekali menjenguk Obama di Hawai yaitu pada tahun 1971 karena  pada tahun 1982 ayahnya mengalami kecelakaan lalulintas dan meninggal dunia.

Ibu Obama kemudian menikah lagi dengan orang berkebangsaan Indonesia yang bernama Lolo Soetoro. Mereka kemudian menikah pada 15 Maret 1965 dan kemudian dikaruniai anak perempuan yang menjadi saudara se-ibu Obama yang bernama Maya Soetoro. Setelah dua tahun menikah, Lolo Soetoro pulang ke Indonesia bersama istri dan Obama.

Di Indonesia, mereka tinggal di Menteng Dalam, Tebet, Jakarta-Selatan namun kemudian pindah ke Pemukiman elit di Menteng Jakarta Tengah. Obama kemudian sekolah di Indonesia yaitu di Sekolah Katolik St. Francis dari Assisi selama dua tahun dan Sekolah Dasar Besuki selama satu setengah tahun, ditambah home schooling dengan bantuan Calvert School. Obama menetap di Indonesia selama empat tahun.
Obama, Adik Tirinya, Ibunya, dan Ayah tirinya

Obama kemudian memilih tinggal bersama kakek dan nenek dari ibunya di Hawai. Ia pulang ke Hawai pada tahun 1971 dan melanjutkan sekolah disana. Pada tahun 1995, Obama harus bersedih karena kehilangan ibunya yang terserang kanker ovarium dan kanker rahim. Jika ia ditanya tentang kenangan ayah dan ibunya, ia selalu menjawab "Bahwa ayahku tidak seperti orang-orang di sekitarku—ia hitam bagaikan ter, ibuku putih bagaikan susu—nyaris tidak terpikirkan olehku.

Tinggal di Hawai membuat Obama belajar menghargai perbedaan, karena disana terdapat beragam orang dengan latar belakang budaya di sekitarnya, ia menjelaskan tentang itu sebagai berikut, "Kesempatan yang Hawaii tawarkan—untuk menyaksikan berbagai macam budaya dengan suasana yang saling menghargai—menjadi bagian tak terpisahkan dari pandangan duniaku, sekaligus menjadi dasar nilai-nilai yang aku pegang erat”.

Obama remaja sempat mengalami krisis identitas yang membuatnya masuk dalam anggota geng “Choom gang” dimana ia saat itu selalu menghabiskan waktunya untuk kumpul bersama teman gengnya dengan mengkonsumsi marijuana, kokain serta minuman keras. Jika ditanya mengapa Obama menjerumuskan dirinya kedalam hal itu maka jawabnya adalah ”untuk menyingkirkan pertanyaan siapa aku dari pikiran saya.” Obama menyesal pernah merusak dirinya dengan narkotika.

Obama bersekolah di Hawai sampai SMA, selepas itu pada tahun 1979 ia pindah ke Los Angeles untuk bersekolah di Occidental College. Kemudian pada 1981, ia pindah ke Columbia University di New York City dan mendapatkan gelar dalam ilmu politik dengan kekhususan hubungan internasional dan lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada tahun 1983. Ia bekerja selama satu tahun di Business International Corporation,[32] kemudian di New York Public Interest Research Group.

Pada tahun 1988 Obama menempuh pendidikan di Harvard Law School, selain itu ia juga bekerja sebagai jaksa di Sidley Austin dan Hopkins Sutter. Pada tahun 1991 Obama lulus Harvard dengan gelar J.D secara magna cum laud.

Disela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa hukum dan jaksa, Obama menyempatkan diri mengunjungi saudara-saudara ayahnya di Kenya. Obama juga mengunjungi Kenya bersama tunangannya yang sekarang menjadi istrinya yaitu Michele Obama.

Obama kemudian terpilih menjadi anggota senat Illionis tahun 1996. Namun ia kemudian mengundurkan diri dari senat Illionis pada November 2004 karena telah terpilih menjadi senat Amerika Serikat melalui partai Demokrat.

Selama menjadi senat Amerika, Obama selalu berkampanye menentang invasi terhadap Irak. Saat itu Presiden Amerika adalah George W Bush yang sedang gencar-gencarnya melakukan invasi terhadap Irak.
Obama disumpah sebagai seorang senator pada tanggal 3 Januari 2005 dan menjadi satu-satunya anggota Senat dari Congressional Black Caucus. CQ Weekly menyebutnya sebagai seorang "Demokrat setia" berdasarkan analisis seluruh suara Senat tahun 2005–2007. Pada 13 November 2008, Obama mengumumkan akan mengundurkan diri dari jabatan Senatnya terhitung 16 November 2008, sebelum dimulainya sesi lame-duck, untuk berfokus pada masa transisinya sebagai presiden.

Pada tanggal 10 Februari 2007, Obama menyatakan pencalonannya sebagai Presiden Amerika Serikat di depan gedung Old State Capitol diSpringfield, Illinois. Pemilihan tempat pengumuman itu dianggap simbolis karena di situ Abraham Lincoln menyampaikan pidato bersejarahnya yang berjudul "House Divided" tahun 1858. Obama menekankan isu pengakhiran Perang Irak secepat mungkin, meningkatkan kebebasan energi, dan menyediakan layanan kesehatan universal, dalam kampanye yang mengusung tema "harapan" dan "perubahan.
Obama dan Keluarga
Tanggal 23 Agustus, Obama mengumumkan penunjukan Senator Delaware Joe Biden sebagai pasangan kampanye sekaligus calon wakil presidennya. Biden dipilih dari sejumlah calon yang meliputi mantan Gubernur Indiana dan Senator Evan Bayh dan Gubernur Virginia Tim Kaine. Pada Konvensi Nasional Demokrat 2008 di Denver, Colorado, Hillary Clinton meminta para pendukungnya memilih Obama dan ia sertaBil Clinton menyampaikan pidato dukungan untuk Obama. Obama menyampaikan pidato penerimaan pencalonannya, bukan di tengah arena Konvensi Nasional Demokrat, tetapi di Invesco Field at Mile High di hadapan sekitar 75.000 orang; pidato tersebut ditonton oleh lebih dari 38 juta orang di seluruh dunia.

Tanggal 4 November, Obama memenangkan pemilu dengan 365 suara elektoral dibandingkan dengan 173 suara yang diperoleh McCain. Obama memenangkan 52,9% suara rakyat dibandingkan dengan 45,7% yang diterima McCain. Ia menjadi orang Afrika Amerika pertama yang menduduki jabatan presiden. Obama menyampaikan pidato kemenangannya di hadapan ratusan ribu pendukungnya di Grant Park, Chicago.
Obama kemudian memenangkan pemilihan Presiden untuk yang kedua kalinya pada tahun 2012. Sampai saat ini Obama masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat untuk periode yang ke dua.

Berikut ini biografi yang tak kalah menarik, dibaca ya:
Biografi  Justin Timberlake - Artis Hollywood
Biografi Wali Band - Sejarah Wali Band  
Biografi Fifi Proklawati Jubilea – Pendiri Jakarta Islamic School
Biografi Dyah Suminar – Pengusaha Batik dan Baju Muslim Terlengkap di Yogyakarta
Biografi Chairul Tanjung – Anak Singkong Jadi Raja Media
Biografi Walt Disney - Bapak Animasi dan Pendiri Disneyland
Biografi Charlie Chaplin – Jalan Berliku Menuju Ketenaran
Biografi Mahatma Gandhi – Pahlawan Kemerdekaan India
Helen Keller – Menemukan Terang di Dalam Kegelapan
Biografi Zhan Tianyou – Bapak Perkeretaapian Cina
 




Related Posts: Biografi Obama - Presiden Amerika Ke 44