skip to main | skip to side

Biografi Nadhifah Jufri – Pendiri ALIB Moslem Store

Info Tokoh Dunia: Biografi Nadhifah Jufri – Pendiri ALIB Moslem Store.

ALIB Moslem Store adalah salah satu toko busana muslim dan perlengkapan haji terlengkap yang berasal dari Surabaya. Pendirinya adalah Nadhifah Jufri yang dilahirkan di Surabaya, 6 November 1940.
Sejak kecil Nadhifah memang tumbuh dilingkungan wirausaha, ayahnya memiliki bisnis toko buku dan percetakan. Sehari-hari Nadhifah selalu membantu usaha ayahnya sehingga ia tahu betul seluk beluk berbisnis.

Latar Belakang Berdirinya ALIB

Suatu hari saat ia bersama sang suami hendak pergi haji. Ia merasa kesulitan mendapatkan berbagai perlangkapan untuk haji di surabaya, mulai dari busananya hingga oleh-olehnya. Dari situlah ia kemudian mendirikan usaha toko busana muslim ALIB.

Awalnya ALIB didirikan di teras depna rumahnya, namun karena semakin hari semakin ramai, akhirnya ia memutuskan untuk pindah rumah dan memugar semua bangunan rumahnya untuk toko berlantai tiga.
Nadhifah sendiri yang melakukan hunting barang dagangan, namun kemudian ia juga memproduksi sendiri dengan menjahitnya sendiri. Nadhifah kemudia merekrut karyawan untuk produksi karean pesanan semakin banyak.

Membesarkan ALIB
Stand ALIB

Nadhifah gencar melakukan promosi ke berbagai pengajian dengan menyebar kartu nama. Usaha ALIB pun berkembang dengan mengekspor ke luar negeri seperti Jepang, Singapura dan Jeddah. Saat krismon, ALIB juga diguncang krismon, bukan karena ALIB banyak memiliki hutang namun karena daya beli masyarakat yang turun sehingga juga membuat ALIB juga sepi pengunjung walau saat musim haji dan idul fitri.

Namun hal itu tak lantas membuat Nadhifa patah arang. Ia terus meningkatkan promosinya. Sehingga ia juga bis amembuka cabang di Jakarta dan Samarindah.

Untuk meningkatkan kualitas SDM nya ALIB juga mengirim karyawannya ke berbagai pelatihan kerja. Ia juga mewajibkan para karyawan ALIB untuk memakai jilbab sebagai iedntitas muslimah dan juga identitas perusahaan yang bergerak dibidang baju muslim.

Saat ini ALIB dapat dijumpai dikota-kota besar. Produknya juga banyak dibeli oleh pedagang busana muslim lain untuk dijual lagi.

Aksi Sosial
Nadhifah Jufri Menjadi Pembicara 

Selain berbisnis Nadhifah juga meluangkan sebagian waktunya untuk membina masyarakat enterpreneurship. Ia mempersilahkan orang yang ingin magang di tokonya atau tempat produksinya untuk belajar bagaimana mengelola uasaha baju muslim.

Karena dedikasinya ini Nadhifa banyak memperoleh penghargaan dari berbagai pihak bahkan ia juga memperoleh penghargaan dari Presiden Soeharto saat itu yaitu Upakarti, sebuah penghargaan tertinggi dibidang pengusaha di Indonesia. ALIB juga memenangkan ISO 9000.
********

Update : 

Saat ini usia Bu Nadhifah sudah sangat tua dan beliau sudah tidak kuat lagi secara fisik untuk melakukan kegiatan bisnis. Anak-anaknya juga sudah berkarier sendiri-sendiri, tak ada yang mau melanjutkan usaha toko ALIB. Akhirnya dengan terpaksa ALIB kemudian di tutup. Sedang para karyawannya dipacu agar membuka usaha sendiri, dari bekal ilmu dan seminar yang sering diterima saat masih di ALIB. Salah satu karyawannya yang berhasil mendirikan toko sendiri yaitu Endang Sri Suharti yang membuka usaha busana muslim dengan merk dagang Habibah Collections. Di kesempatan lain penulis akan mengupas tentang biografinya.

Baca Juga Biografi Orang Sukses Berikut Ini :
Biografi Hj. Sias Mawarni – Pemilik Ragusa Es Italia, Membuka 22 Cabang Tanpa Modal Pinjaman.
Biografi Roihatul Jannah – Penemu Helmiat Bonceng Bocah
Biografi Martini – Buruh Bangunan Menjadi Eksportir Sukses
Biografi Ligwina Poerwo Hananto – Tak Betah Menganggur, Ingin Lebih Bermanfaat, Mendirikan Quantum Magna Financial
Biografi Noni Sri Aryati Purnomo – Pewaris Tahta Blue Bird Group
Biografi Zinedine Zidane – Bintang Sepak Bola Dunia
Biografi Synyster Gates – Gitaris Avenged Sevenfold
Biografi Galileo Galilei – Ilmuwan , Filusuf dan Fisikawan Italia
Biografi Sunan Bonang – Wali Songo Pencipta “Tombo Ati”
Biografi Van Gogh – Pelukis Termahal di Eropa

Related Posts: Biografi Nadhifah Jufri – Pendiri ALIB Moslem Store