skip to main | skip to side

Biografi BJ Habibie – Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia

Info Tokoh Dunia: Biografi BJ Habibie – Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia.
Prof Dr Ing BJ Habibie

Cita – Citaku uu..uu..

Ingin Jadi Profesor

Bikin Pesawat Terbang

Seperti Pak Habibie

Masih inget gak syair lagu diatas. Itu lagu jaman saya dulu masih kecil. Pak habibie atau nama panjangnya adalah Bacharuddin Jusuf Habibie atau disingkat BJ Habibie adalah orang Indonesia pertama yang bisa membuat pesawat terbang. BJ Habibie juga sempat menjadi Presiden Indonesia ke tiga walaupun tak sampai dua tahun.

Masa Kecil BJ Habibie

BJ Habibie dilahirkan di Pare-Pare Sulawesi Selatan pada tanggal 25 Juni 1936. BJ Habibie adalah anak keempat dari delapan bersaudara. Ayahnya bernama Alwi Abdul Jalil Habibie yang asli Gorontalo dan ibunya bernama R.A. Tuti Marini Puspowardojo yang asli Yogyakarta.

BJ Habibie menghabiskan masa kecilnya di Pare-Pare Sulawesi Selatan. Keluarga Habibie adalah keluarga yang menjunjung tinggi pendidikan. Orang tuanya sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya termasuk Habibie.

Habibie kecil sangat gemar berkuda dan membaca. Dimanapun ia selalu membawa buku bacaan. Sejak kecil ia sudah terlihat menonjol di bidang eksakta dibanding teman-temannya. Saat sekolah dasar, Habibie selalu menjadi bintang kelas.

Keluarga Habibie adalah keluarga yang harmonis dan sejahtera namun hal itu tak berlangsung lama. Pada tanggal 3 September 1950 musibah menhampiri keluarganya, ayahnya secara mendadak meninggal dunia karena serangan jantung saat selesai sholat isya’.

Praktislah saat itu tak ada yang bertugas sebagai pencari nafkah. Kehidupan yang semula baik-baik saja berubah menjadi sulit. Karena seluruh keluarga besar dari ibunya berada di Jawa, akhirnya ibu Habibie memutuskan untuk pindah dari Sulawesi Ke Jawa. Ia menjual semua harta peninggalan ayahnya baik itu rumah dan kendaraan. Keluarga Habibie akhirnya menetap di Bandung. Ibu yang menjadi tulang punggung keluarga bekerja  keras untuk membiayai anak-anaknya. Melihat itu Habibie semakin bersemangat untuk menimba ilmu.

Saat SMA ia masuk Gouvernments Middlebare School di Bandung. Di SMA prestasinya sangat menonjol sehingga setamat SMA tahun 1954 ia diterima di ITB. Habibie berkuliah di ITB tak sampai tamat karena beliau kemudian mendapatkan beasiswa dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk belajar di Jerman. Beasiswa ini adalah terusan dari program Ir Soekarno untuk menjadikan Indonesia maju dan tak kalah dari bangsa lain.

Di Jerman BJ Habibie berkuliah di RWTH Aachen Jerman Barat dengan mengambil jurusan Teknik Penerbangan dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang. Disisni Habibie sangatlah tekun belajar. Saking tekunnya, setiap hari ia hanya tidur 2 jam saja. Selebihnya waktunya dipakai untuk belajar dan belajar. Bahkan saat liburan musim panas, beliau isi dengan belajar dan memperdalam materi kuliah. Tak ada waktu untuk ber senang-senang bahkan untuk bekerja sampingan, beliau tak melakukannya. Berbeda dengan teman-teman beliau yang lain, mereka mengisi liburan dengan bekerja sampingan untuk menambah uang jajan atau berjalan – jalan menikmati kota Jerman. Beliau sudah bertekad harus sukses di negeri orang sehingga saat kembali ke Indonesia ilmu beliau benar-benar berguna untuk Indonesia dan beliau juga bisa membahagiakan ibu beliau yang sudah bersusah payah membiayai sekolah beliau.

Pada tahun 1960 BJ Habibie telah menerima gelar diplom ingenieur atau Diploma Ing dari Technische Hochschule dengan nilai rata – rata 9,5 dan pada tahun 1965 beliau menerima gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude (sempurna) dari universitas yang sama dengan nilai 10.

Sesaat setelah menerima gelar diploma di tahun 1960, Habibie diterima kerja di perusahaan perkereta apian di Jerman yang bernama Firma Talbot. Saat itu Firma Talbot sedang mengalami masalah yaitu mereka membutuhkan 1000 wagon yang bervolume besar guna mengangkut barang ringan namun memiliki volume yang besar. Habibie hadir untuk memecahkan masalah tersebut. Beliau menerapkan ilmu membuat sayap pesawat terbang  pada wagon dan akhirnya berhasil.

Habibie Menikah Dengan Ibu Hasri Ainun Besari


Selain bekerja, Habibie juga meneruskan pendidikannya di Technische Hochschule untuk mengejar gelar Dr Ingeneur. Beliau bekerja di pagi hari dan belajar untuk kuliahnya di malam hari. Benar-benar hari-hari beliau sangat padat dan berat. Untuk menuju tempat kerjanya beliau lakukan dengan berjalan kaki di pagi buta.

Saat itu beliau telah menikah dengan ibu Hasri Ainun Besari yang kemudian berganti nama menjadi Hasri Ainun Habibie. Istri beliau, Ibu Ainun (sapaan Ibu Hasri Ainun Habibie) juga sangat mendukung karir suaminya. Ibu Ainun juga harus bersusah payah untuk mencukupi kebutuhan hidup. Beliau sering mengantre di tempat laundry umum untuk mencuci baju guna menghemat kebutuhan hidup keluarga.

BJ Habibie menikahi Ibu Ainun pada tanggal 12 Mei 1962. Dari pernikahannya itu beliau dikaruniai dua orang putera yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Karir BJ Habibie

Karir Habibie dimulai saat ia bekerja di Firma Talbot dan disana sumbangsih beliau adalah menyelesaikan permasalahan wagon (sudah diulas penulis diatas).

Selain di Firma Talbot, Habibie juga bekerja di industri pesawat terbang terkemuka di  Hamburg, Jerman yaitu MBB Gmbh atau Messerschmitt – Bolkow - Blohm. Di perusahaan ini Habibie menempati jabatan nomor 2 yaitu sebagai wakil presiden bidang teknologi. Beliau adalah satu-satunya orang Asia yang bisa menduduki jabatan ini. Di perusahaan tersebut, Habibie mendesain bentuk pesawat terbang.

Kejeniusan Habibie dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang thermodinamika, aerodinamika dan konstruksi pesawat terbang  telah menghasilkan berbagai rumusan yang dikenal denga Rumus Habibie. Rumus Habibie terdiri atas tiga macam yaitu Habibie Factor, Habibie Theorem, and Habibie Method. Rumus ini menghitung tentang keretakan atau krack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Karena telah menemukan rumus keretakan ini, Habibie juga dijuluki sebagai Mr. Crack. Rumus Habibie masih digunakan sampai sekarang dalam dunia pesawat terbang. Karena sumbangsihnya, Habibie dianugerahi penghargaan bergengsi di bidang Sains yaitu :

·         Theodore van Karman Award

·         Edward Warner Award

Penghargaan tersebut setara dengan Penghargaan Nobel.

Pada tahun 1967, BJ Habibie menerima gelar Guru Besar atau Profesor kehormatan dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari tempat yang sama, Habibie juga menerima penghargaan sebagai Ganesha Praja Manggala Bhakti Kencana, yaitu gelar kehormatan tertinggi di ITB.

Habibie juga diakui oleh lembaga internasional seperti :

·         Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar Jerman).

·         The Royal Aeronautical Society London (Inggris)

·         The Royal Swedish Academy of Rngineering Sciences (Swedia)

·         The Academie Nationale de I’Air et de I’Espace (Prancis)

·         The US Acadmy of Engineering (Amerika Serikat)

Pada tahun 1973, Presiden Soeharto mengutusnya untuk kembali ke Indonesia guna mengamalkan ilmunya untuk kemajuan bangsanya sendiri. Di Indonesia, beliau menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi /Kepala BPPT sejak tahun 1978 sampai Maret 1998 (20 tahun). Selain itu Habibie juga menjabat sebagai ketua ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia). Habibie juga memimpin 10 perusahaan BUMN Industri strategis.

Pada tanggal 14 Maret 1998, BJ Habibie diangkat sebagai wakil Presiden mendampingi Presiden Soeharto dalam Kabinet Pembangunan VII, namun jabatan ini harus berakhir pada tanggal 21 Mei 1998. Saat itu sedang terjadi gelombang demonstrasi besar – besaran untuk menjatuhkan Soeharto dari kursi kepresidenan. Akhirnya sesuai Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 8 BJ Habibie yang saat itu jadi wakil presiden disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden Republik Indonesia yang ke 3.

BJ Habibie Menjadi Presiden RI Ke 3

Saat BJ Habibie menjadi presiden, kondisi Indonesia memang sedang kacau balau. Mulai dari demo besar-besaran oleh Mahasiswa dan masyarakat untuk menjatuhkan kepemimpinan Soeharto, kerusuhan dan penjarahan 14 Mei 1998, melambungnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, melambungnya harga kebutuhan pokok, terancamnya Indonesia dari disintegrasi. Pokoknya saat itu Habibie mewarisi kondisi kacau balaunya rezim orde baru. Menghadapi hal seperti ini Habibie melakukan langkah-langkah untuk memulihkan keadaan seperti berikut :

·         Membentuk Kabinet

·         Mengusahakan kembalinya dukungan IMF dan negara-negara donor terhadap Indonesia

·         Memberi kebebasan pada publik untuk menyalurkan pendapat dan aspirasinya. Hal ini tercermin dari munculnya partai politik yang jumlahnya mencapai 48 partai.

·         Membebaskan tahanan politik seperti Sri Bintang Pamungkas, seorang anggota DPR yang dipenjara karena mengkritik Presiden Soeharto dan juga membebaskan Muchtar Pakpahan yaitu pimpinan serikat buruh yang dipenjara karena dituduh menjadi dalang kerusuhan di Medan tahun 1994.

·         Memberikan izin untuk mendirikan serikat buruh – serikat buruh independen. Dahulunya (di era Soeharto) hal ini sempat dilarang.

·         Membentuk tiga undang-undang demokratis seperti :

1.       UU No. 2 tahun 1999 tentang Partai Politik

2.       UU No. 3 tahun 1999 tentang Pemilu

3.       UU No. 4 tahun 1999 tentang Susunan Kedudukan DPR/MPR

·         Menetapkan 12 Ketetapan MPR dan ada 4 ketetapan yang merupakan jawaban dari tuntutan reformasi yaitu:

1.       Tap MPR No. VIII/MPR/1998, tentang pencabutan Tap No. IV/MPR/1983 tentang Referendum

2.       Tap MPR No. XVIII/MPR/1998, tentang pencabutan Tap MPR No. II/MPR/1978 tentang Pancasila sebagai azas tunggal

3.       Tap MPR No. XII/MPR/1998, tentang pencabutan Tap MPR No. V/MPR/1978 tentang Presiden mendapat mandat dari MPR untuk memiliki hak-hak dan Kebijakan di luar batas perundang-undangan

4.       Tap MPR No. XIII/MPR/1998, tentang Pembatasan masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden maksimal hanya dua kali periode

12 Ketetapan MPR yang berhasil disusun dan disahkan adalah :

1.       Tap MPR No. X/MPR/1998, tentang pokok-pokok reformasi pembangunan dalam rangka penyelematan dan normalisasi kehidupan nasional sebagai haluan Negara

2.       2.Tap MPR No. XI/MPR/1998, tentang penyelenggaraan negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi, dan nepotisme

3.       3.Tap MPR No. XIII/MPR/1998, tentang pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden Republik Indonesia

4.       Tap MPR No. XV/MPR/1998, tentang penyelenggaraan Otonomi daerah

5.       Tap MPR No. XVI/MPR/1998, tentang politik ekonomi dalam rangka demokrasi ekonomi

6.       Tap MPR No. XVII/MPR/1998, tentang Hak Asasi Manusia (HAM)

7.       Tap MPR No. VII/MPR/1998, tentang perubahan dan tambahan atas Tap MPR No. I/MPR/1998 tentang peraturan tata tertib MPR

8.       Tap MPR No. XIV/MPR/1998, tentang Pemilihan Umum

9.       Tap MPR No. III/V/MPR/1998, tentang referendum

10.   Tap MPR No. IX/MPR/1998, tentang GBHN

11.   Tap MPR No. XII/MPR/1998, tentang pemberian tugas dan wewenang khusus kepada Presiden/mandataris MPR dalam rangka menyukseskan dan pengamanan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila

12.   Tap MPR No. XVIII/MPR/1998, tentang pencabutan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)

·         Dalam bidang ekonomi, kepemimpinan Presiden BJ Habibie berhasil membuat rupiah menguat. Yang sebelumnya saat kerusuhan terjadi rupiah berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000 maka justru saat akhir kepemimpinannya rupiah menguat ke Rp. 6.500 per dolar Amerika , suatu nilai yang belum pernah terjadi lagi sampai saat ini.

·         Melakukan restrukturisasi dan rekapitulasi perbankan melalui pembentukan BPPN dan unit Pengelola Aset Negara

·         Melikuidasi beberapa bank yang bermasalah

·         Membentuk lembaga pemantau dan penyelesaian masalah utang luar negeri

·         Mengimplementasikan reformasi ekonomi yang disyaratkan IMF

·         Mengesahkan UU No. 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan yang Tidak Sehat

·         Mengesahkan UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Walaupun selama kepemimpinan Presiden BJ Habibie sudah bekerja keras sekali untuk memulihkan keadaan namun ada saja celah bagi oposisi yang menilai BJ Habibie telah melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan seperti :

Presiden BJ Habibie memperbolehkan diadakannya jejak pendapat di Timor-Timur yaitu penduduk Timor-Timur disuruh memilih ingin lepas dari NKRI atau tetap menjadi NKRI. Dan dari hasil jejak pendapat tersebut banyak yang memilih untuk lepas dari NKRI. Akhirnya pada tanggal 30 Agustus 1999 Timor-Timur lepas dari NKRI dan berubah nama menjadi Negara Timot Leste. Hal  ini membuat sebagian rakyat Indonesia terutama pihak oposisi menyesalkan keputusan yang diambil Presiden BJ Habibie namun jika difikir ulang justru keputusan BJ Habibie ini membuat Indonesia bersih dari tuduhan pelanggaran HAM oleh dunia internasional.

Pro Kontra Kepemimpinan Presiden BJ Habibie

Kasus Timor-Timur yang memisahkan diri dari Indonesia dan menjadi Timor Leste inilah yang membuat pihak oposisi layaknya mendapat peluru untuk menjatuhkan Habibie. Memang dari awal BJ Habibie disumpah menjadi Presiden RI yang ke 3 banyak yang meragukan keabsahannya. Hal ini dikarenakan latar belakang BJ Habibie adalah orang teknik dan sains bukan orang politik. Dan jika ditilik dari perundang-undangan, menurut pihak oposisi pengangkatan BJ Habibie menjadi presiden juga dianggap kurang sah. Berikut alasannya :

Pengangkatan B.J. Habibie dianggap tidak konstitusional. Hal ini bertentangan dengan ketentuan pasal 9 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa "sebelum presiden memangku jabatan maka presiden harus mengucapkan sumpah atau janji di depan MPR atau DPR". Sedangkan BJ Habibie diangkat sebagai presiden hanya dilantik oleh ketua Mahkamah Agung tanpa ada pengucapan sumpah didepan DPR/MPR.

Sedangkan alasan kaum yang pro adalah sebagai berikut :

Hal itu sudah sesuai dengan ketentuan pasal 8 UUD 1945 yang menyebutkan bahwa "bila Presiden mangkat, berhenti, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya, ia diganti oleh Wakil Presiden sampai habis waktunya".

Ditambah lagi adanya kasus Timor-Timur yang dibiarkan pisah dari NKRI. Kasus inilah yang mendorong pihak oposisi yang tidak puas dengan latar belakang Habibie semakin giat menjatuhkan Habibie. Upaya ini akhirnya berhasil dilakukan pada Sidang Umum 1999, ia memutuskan tidak mencalonkan diri lagi setelah laporan pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR.

Pandangan terhadap pemerintahan Habibie pada era awal reformasi cenderung bersifat negatif, tapi sejalan dengan perkembangan waktu banyak yang menilai positif pemerintahan Habibie. Salah pandangan positif itu dikemukan oleh L. Misbah Hidayat Dalam bukunya Reformasi Administrasi: Kajian Komparatif Pemerintahan Tiga Presiden.

“ Visi, misi dan kepemimpinan presiden Habibie dalam menjalankan agenda reformasi memang tidak bisa dilepaskan dari pengalaman hidupnya. Setiap keputusan yang diambil didasarkan pada faktor-faktor yang bisa diukur. Maka tidak heran tiap kebijakan yang diambil kadangkala membuat orang terkaget-kaget dan tidak mengerti. Bahkan sebagian kalangan menganggap Habibie apolitis dan tidak berperasaan. Pola kepemimpinan Habibie seperti itu dapat dimaklumi mengingat latar belakang pendidikannya sebagai doktor di bidang konstruksi pesawat terbang. Berkaitan dengan semangat demokratisasi, Habibie telah melakukan perubahan dengan membangun pemerintahan yang transparan dan dialogis. Prinsip demokrasi juga diterapkan dalam kebijakan ekonomi yang disertai penegakan hukum dan ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. Dalam mengelola kegiatan kabinet sehari-haripun, Habibie melakukan perubahan besar. Ia meningkatkan koordinasi dan menghapus egosentisme sekotral antarmenteri. Selain itu sejumlah kreativitas mewarnai gaya kepemimpinan Habibie dalam menangani masalah bangsa.[5] Untuk mengatasi persoalan ekonomi, misalnya, ia mengangkat pengusaha menjadi utusan khusus. Dan pengusaha itu sendiri yang menanggung biayanya. Tugas tersebut sangat penting, karena salah satu kelemahan pemerintah adalah kurang menjelaskan keadaan Indonesia yang sesungguhnya pada masyarakat internasional. Sementara itu pers, khususnya pers asing, terkesan hanya mengekspos berita-berita negatif tentang Indonesia sehingga tidak seimbang dalam pemberitaan.”

Setelah tidak menjabat sebagai Presiden, BJ Habibie banyak menghabiskan waktunya di Jerman. Namun ia tak bisa melepaskan hatinya dari Indonesia. Saat era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beliau ditunjuk sebagai penasehat presiden lewat organisasi Habibie Center.

BJ Habibie ditinggal Ibu Ainun


Dibalik kesuksesan laki-laki pasti ada perempuan hebat yang mendukungnya sepenuh hati dari belakang. Bagi Habibie, Bu Ainun, istrinyalah perempuan itu. Habibie begitu mencintai Bu Ainun. Bagi beliau istrinya adalah mata untuk melihat hidupnya. Namun apa mau dikata, setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Pada tanggal 22 Mei 2010, Hasri Ainun Habibie, istri BJ Habibie, meninggal di Rumah Sakit Ludwig Maximilians Universitat, Klinikum, Muenchen, Jerman. Ia meninggal pada hari Sabtu pukul 17.30 waktu setempat atau 22.30 WIB.

Habibie begitu terpukul menerima kenyataan ini. "Selama 48 tahun saya tidak pernah dipisahkan dengan Ainun, .......ibu Ainun istri saya. Ia ikuti kemana saja saya pergi dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. Dik, kalian barangkali sudah biasa hidup terpisah dengan istri, you pergi dinas dan istri di rumah, tapi tidak dengan saya. Gini ya............saya mau kasih informasi........... Saya ini baru tahu bahwa ibu Ainun mengidap kanker hanya 3 hari sebelumnya, tak pernah ada tanda-tanda dan tak pernah ada keluhan keluar dari ibu........." Papar BJ Habibie.

Begitu menyentuhnya kisah cinta Habibie dan Ainun ini sehingga dua sutradara terkemuka yaitu Faozan Rizal dan Hanung Bramantyo mengangkatnya dalam sebuah film yang berjudul “Habibie dan  Ainun”. Film ini berisi kisah romansa antara BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari mulai remaja sampai ajal memisahkan mereka. Film ini diperankan oeh Reza Rahardian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun. Film ini diluncurkan pada awal bulan Desember 2012 dan sangat laris manis. Box Office.

Berikut Adalah Ost Film Habibie dan Ainun By Bunga Citra Lestari (BCL) yang berjudul Cinta Sejati

 

Kekecewaan Habibie

Habibie adalah orang pertama di Indonesia yang bisa membuat pesawat terbang. Beliau membuat pesawat terbang melalui perusahaan negara yaitu IPTN yang  kemudian diganti dengan nama PT Dirgantara Indonesia. Belakangan ini PT DI (Dirgantara Indonesia) akhirnya ditutup dan karyawannya banyak yang di PHK dan banyak yang akhirnya memilih bekerja di luar negeri.

Seperti yang kita tahu, IPTN atau PT DI adalah kumpulan orang-orang pandai di Indonesia. Sayang sekali jika hal ini tidak dioptimalkan dan membiarkan kepandaian mereka dimanfaatkan oleh negara lain.

BJ Habibie yang membangun IPTN sangatlah kecewa dengan hal ini. Berikut petikan kekecewaan Habibie atas keputusan ini :

Saya bilang ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dll dan kita tak perlu tergantung dengan negara manapun. Tapi keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rejeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang beli pesawat negara mereka!

Dalam Pidato BJ Habibie saat mengunjungi Garuda Indonesia beliau memaparkan semua kesedihan dan kekecewaan yang dirasakannya. Berikut ini Pidato BJ Habibie saat berkunjung ke Garuda Indonesia:

Dik, anda tahu, saya ini lulus SMA tahun 1954!” beliau membuka pembicaraan dengan gayanya yang khas penuh semangat dan memanggil semua hadirin dengan kata “Dik” kemudian secara lancar beliau melanjutkan “Presiden Soekarno, Bapak Proklamator RI, orator paling unggul, itu sebenarnya memiliki visi yang luar biasa cemerlang! Ia adalah Penyambung Lidah Rakyat! Ia tahu persis sebagai Insinyur, Indonesia dengan geografis ribuan pulau, memerlukan penguasaan Teknologi yang berwawasan nasional yakni Teknologi Maritim dan Teknologi Dirgantara. Kala itu, tak ada ITB dan tak ada UI. Para pelajar SMA unggulan berbondong-bondong disekolahkan oleh Presiden Soekarno ke luar negeri untuk menimba ilmu teknologi Maritim dan teknologi dirgantara. Saya adalah rombongan kedua diantara ratusan pelajar SMA yang secara khusus dikirim ke berbagai negara. Pendidikan kami di luar negeri itu bukan pendidikan kursus kilat tapi sekolah bertahun-tahun sambil bekerja praktek. Sejak awal saya hanya tertarik dengan ‘how to build commercial aircraft’ bagi Indonesia. Jadi sebenarnya Pak Soeharto, Presiden RI kedua hanya melanjutkan saja program itu, beliau juga bukan pencetus ide penerapan ‘teknologi’ berwawasan nasional di Indonesia. Lantas kita bangun perusahaan-perusahaan strategis, ada PT PAL dan salah satunya adalah IPTN.

Sekarang Dik, anda semua lihat sendiri, N250 itu bukan pesawat asal-asalan dibikin! Pesawat itu sudah terbang tanpa mengalami ‘Dutch Roll’ (istilah penerbangan untuk pesawat yang ‘oleng’) berlebihan, tenologi pesawat itu sangat canggih dan dipersiapkan untuk 30 tahun kedepan, diperlukan waktu 5 tahun untuk melengkapi desain awal, satu-satunya pesawat turboprop di dunia yang mempergunakan teknologi ‘Fly by Wire’ bahkan sampai hari ini. Rakyat dan negara kita ini membutuhkan itu! Pesawat itu sudah terbang 900 jam (saya lupa persisnya 900 atau 1900 jam) dan selangkah lagi masuk program sertifikasi FAA. IPTN membangun khusus pabrik pesawat N250 di Amerika dan Eropa untuk pasar negara-negara itu.Namun, orang Indonesia selalu saja gemar bersikap sinis dan mengejek diri sendiri ‘apa mungkin orang Indonesia bikin pesawat terbang?

Tiba-tiba, Presiden memutuskan agar IPTN ditutup dan begitu pula dengan industri strategis lainnya.

Dik tahu di dunia ini hanya 3 negara yang menutup industri strategisnya, satu Jerman karena trauma dengan Nazi, lalu Cina (?) dan Indonesia. Sekarang, semua tenaga ahli teknologi Indonesia terpaksa diusir dari negeri sendiri dan mereka bertebaran di berbagai negara, khususnya pabrik pesawat di Bazil, Canada, Amerika dan Eropa.

Hati siapa yang tidak sakit menyaksikan itu semua?

Saya bilang ke Presiden, kasih saya uang 500 juta Dollar dan N250 akan menjadi pesawat yang terhebat yang mengalahkan ATR, Bombardier, Dornier, Embraer dll dan kita tak perlu tergantung dengan negara manapun. Tapi keputusan telah diambil dan para karyawan IPTN yang berjumlah 16 ribu harus mengais rejeki di negeri orang dan gilanya lagi kita yang beli pesawat negara mereka!

Pak Habibie menghela nafas, Pak Habibie melanjutkan pembicaraannya....

Hal yang sama terjadi pada prototipe pesawat jet twin engines narrow body, itu saya tunjuk Ilham sebagai Kepala Proyek N2130. Ia bukan karena anak Habibie, tapi Ilham ini memang sekolah khusus mengenai manufakturing pesawat terbang, kalau saya sebenarnya hanya ahli dalam bidang metalurgi pesawat terbang. Kalau saja N2130 diteruskan, kita semua tak perlu tergantung dari Boeing dan Airbus untuk membangun jembatan udara di Indonesia.

Dik, dalam industri apapun kuncinya itu hanya satu QCD,
− Q itu Quality, Dik, anda harus buat segala sesuatunya berkualitas tinggi dan konsisten− C itu Cost, Dik, tekan harga serendah mungkin agar mampu bersaing dengan produsen sejenis− D itu Delivery, biasakan semua produksi dan outcome berkualitas tinggi dengan biaya paling efisien dan disampaikan tepat waktu!Itu saja!

Pak Habibie melanjutkan penjelasan tentang QCD sbb:
Kalau saya upamakan, Q itu nilainya 1, C nilainya juga 1 lantas D nilainya 1 pula, jika dijumlah maka menjadi 3. Tapi cara kerja QCD tidak begitu Dik, organisasi itu bekerja saling sinergi sehingga yang namanya QCD itu bisa menjadi 300 atau 3000 atau bahkan 30.000 sangat tergantung bagaimana anda semua mengerjakannya, bekerjanya harus pakai hati Dik”

Tiba-tiba, pak Habibie seperti merenung sejenak mengingat-ingat sesuatu...

Dik, saya ini memulai segala sesuatunya dari bawah, sampai saya ditunjuk menjadi Wakil Dirut perusahaan terkemuka di Jerman dan akhirnya menjadi Presiden RI, itu semua bukan kejadian tiba-tiba. Selama 48 tahun saya tidak pernah dipisahkan dengan Ainun, ibu Ainun istri saya. Ia ikuti kemana saja saya pergi dengan penuh kasih sayang dan rasa sabar. Dik, kalian barangkali sudah biasa hidup terpisah dengan istri, you pergi dinas dan istri di rumah, tapi tidak dengan saya. Gini ya, saya mau kasih informasi...... Saya ini baru tahu bahwa ibu Ainun mengidap kanker hanya 3 hari sebelumnya, tak pernah ada tanda-tanda dan tak pernah ada keluhan keluar dari ibu.

Pak Habibie menghela nafas panjang dan tampak sekali ia sangat emosional serta mengalami luka hati yang mendalam, seisi ruangan hening dan turut serta larut dalam emosi kepedihan pak Habibie, apalagi aku tanpa terasa air mata mulai menggenang.

Dengan suara bergetar dan setengah terisak pak Habibie melanjutkan...

Dik, kalian tau, 2 minggu setelah ditinggalkan ibu, suatu hari, saya pakai piyama tanpa alas kaki dan berjalan mondar-mandir di ruang keluarga sendirian sambil memanggil-manggil nama ibu... Ainun.... Ainun ........ Ainun ........saya mencari ibu di semua sudut rumah.

Para dokter yang melihat perkembangan saya sepeninggal ibu berpendapat ‘Habibie bisa mati dalam waktu 3 bulan jika terus begini...’ mereka bilang ‘Kita (para dokter) harus tolong Habibie.

Para Dokter dari Jerman dan Indonesia berkumpul lalu saya diberinya 3 pilihan;
1. Pertama, saya harus dirawat, diberi obat khusus sampai saya dapat mandiri meneruskan hidup. Artinya saya ini gila dan harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa!2. Opsi kedua, para dokter akan mengunjungi saya di rumah, saya harus berkonsultasi terus-menerus dengan mereka dan saya harus mengkonsumsi obat khusus. Sama saja, artinya saya sudah gila dan harus diawasi terus...3. Opsi ketiga, saya disuruh mereka untuk menuliskan apa saja mengenai Ainun, anggaplah saya bercerita dengan Ainun seolah ibu masih hidup.

Saya pilih opsi yang ketiga...

*(dari tayangan program di stasiun televisi 27 Januari 2012, P.Habibie bercerita, ternyata ada 4 opsi,bukan 3, dimana opsi yang belum tersebut di atas adalah, P.Habibie diminta bercerita tentang apa saja tentang bu Ainun kepada dokter, hampir sama dengan opsi 2)

Tiba-tiba, pak Habibie seperti teringat sesuatu (kita yang biasa mendengarkan beliau juga pasti maklum bahwa gaya bicara pak Habibie seperti meloncat kesana-kemari dan kadang terputus karena proses berpikir beliau sepertinya lebih cepat dibandingkan kecepatan berbicara dalam menyampaikan sesuatu).. ia melanjutkan pembicaraannya;

Dik, hari ini persis 600 hari saya ditinggal Ainun.......dan hari ini persis 597 hari Garuda Indonesia menjemput dan memulangkan ibu Ainun dari Jerman ke tanah air Indonesia.

Saya tidak mau menyampaikan ucapan terima kasih melalui surat..... saya menunggu hari baik, berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk mencari momen yang tepat guna menyampaikan isi hati saya. Hari ini didampingi anak saya Ilham dan keponakan saya, Adri maka saya, Habibie atas nama seluruh keluarga besar Habibie mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, kalian, Garuda Indonesia telah mengirimkan sebuah Boeing B747-400 untuk menjemput kami di Jerman dan memulangkan ibu Ainun ke tanah air bahkan memakamkannya di Taman Makam Pahlawan. Sungguh suatu kehormatan besar bagi kami sekeluarga. Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas bantuan Garuda Indonesia.

Seluruh hadirin terhenyak dan saya tak kuasa lagi membendung air mata.......

Setelah jeda beberapa waktu, pak Habibie melanjutkan pembicaraannya;

Dik, sebegitu banyak ungkapan isi hati kepada Ainun, lalu beberapa kerabat menyarankan agar semua tulisan saya dibukukan saja, dan saya menyetujui...

Buku itu sebenarnya bercerita tentang jalinan kasih antara dua anak manusia. Tak ada unsur kesukuan, agama, atau ras tertentu. Isi buku ini sangat universal, dengan muatan budaya nasional Indonesia. Sekarang buku ini atas permintaan banyak orang telah diterjemahkan ke beberapa bahasa, antara lain Inggris, Arab, Jepang..... (saya lupa persisnya, namun pak Habibie menyebut 4 atau 5 bahasa asing).Sayangnya buku ini hanya dijual di satu toko buku (pak Habibie menyebut nama satu toko buku besar), sudah dicetak 75.000 eksemplar dan langsung habis. Banyak orang yang ingin membaca buku ini tapi tak tahu dimana belinya. Beberapa orang di daerah di luar kota besar di Indonesia juga mengeluhkan dimana bisa beli buku ini di kota mereka.

Dik, asal you tahu, semua uang hasil penjualan buku ini tak satu rupiahpun untuk memperkaya Habibie atau keluarga Habibie. Semua uang hasil penjualan buku ini dimasukkan ke rekening Yayasan yang dibentuk oleh Habibie dan ibu Ainun untuk menyantuni orang cacat, salah satunya adalah para penyandang tuna netra. Kasihan mereka ini sesungguhnya bisa bekerja dengan nyaman jika bisa melihat.

Saya berikan diskon 30% bagi pembeli buku yang jumlah besar bahkan saya tambahkan lagi diskon 10% bagi mereka karena saya tahu, mereka membeli banyak buku pasti untuk dijual kembali ke yang lain.

Sekali lagi, buku ini kisah kasih universal anak manusia dari sejak tidak punya apa-apa sampai menjadi Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara. Isinya sangat inspiratif.”

Karya BJ Habibie

Karya BJ Habibie di bidang Teknologi Pesawat Terbang :

·         VTOL ( Vertical Take Off & Landing ) Pesawat Angkut DO-31.

·         Pesawat Angkut Militer TRANSALL C-130.

·         Hansa Jet 320 ( Pesawat Eksekutif ).

·         Airbus A-300 ( untuk 300 penumpang )

·         CN - 235

·         N-250

·          Dan secara tidak langsung turut berpartisipasi dalam menghitung dan mendesain:

1.      Helikopter BO-105.

2.      Multi Role Combat Aircraft (MRCA).

3.      Beberapa proyek rudal dan satelit.

Berikut ini adalah karya BJ Habibie yang lain :

·         Proceedings of the International Symposium on Aeronautical Science and Technology of Indonesia / B. J. Habibie; B. Laschka [Editors]. Indonesian Aeronautical and Astronautical Institute; Deutsche Gesellschaft für Luft- und Raumfahrt 1986

·         Eine Berechnungsmethode zum Voraussagen des Fortschritts von Rissen unter beliebigen Belastungen und Vergleiche mit entsprechenden Versuchsergebnissen, Presentasi pada Simposium DGLR di Baden-Baden,11-13 Oktober 1971

·         Beitrag zur Temperaturbeanspruchung der orthotropen Kragscheibe, Disertasi di RWTH Aachen, 1965

·         Sophisticated technologies : taking root in developing countries, International journal of technology management : IJTM. - Geneva-Aeroport : Inderscience Enterprises Ltd, 1990

·         Einführung in die finite Elementen Methode,Teil 1, Hamburger Flugzeugbau GmbH, 1968

·         Entwicklung eines Verfahrens zur Bestimmung des Rißfortschritts in Schalenstrukturen, Hamburger Flugzeugbau GmbH, Messerschmitt-Bölkow-Blohm GmbH, 1970

·         Entwicklung eines Berechnungsverfahrens zur Bestimmung der Rißfortschrittsgeschwindigkeit an Schalenstrukturen aus A1-Legierungen und Titanium, Hamburger Flugzeugbau GmbH, Messerschmitt-Bölkow-Blohm GmbH, 1969

·         Detik-detik Yang Menentukan - Jalan Panjang Indonesia Menuju Demokrasi, 2006 (memoir mengenai peristiwa tahun 1998)

·         Habibie dan Ainun, The Habibie Center Mandiri, 2009 (memori tentang Ainun Habibie)

Rangkuman Biografi BJ Habibie :

·         1976 - 1998 Direktur Utama PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara/ IPTN.

·         1978 - 1998 Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

·         Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi / BPPT

·         1978 - 1998 Direktur Utama PT. PAL Indonesia (Persero).

·         1978 - 1998 Ketua Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam/ Opdip Batam.

·         1980 - 1998 Ketua Tim Pengembangan Industri Pertahanan Keamanan (Keppres No. 40, 1980)

·         1983 - 1998 Direktur Utama, PT Pindad (Persero).

·         1988 - 1998 Wakil Ketua Dewan Pembina Industri Strategis.

·         1989 - 1998 Ketua Badan Pengelola Industri Strategis/ BPIS.

·         1990 - 1998 Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-lndonesia/lCMI.

·         1993 Koordinator Presidium Harian, Dewan Pembina Golkar.

·         10 Maret - 20 Mei 1998 Wakil Presiden Republik Indonesia

·         21 Mei 1998 - Oktober 1999 Presiden Republik Indonesia

Ref : Wikipedia , BTD, Kompas
Baca Juga Biografi Orang Sukses Berikut Ini :
Biografi Galileo Galilei – Ilmuwan , Filusuf dan Fisikawan Italia
Biografi Dahlan Iskan – Orang Miskin Yang Jadi Raja Media dan Menteri BUMN
Biografi RA Kartini – Pahlawan Wanita Indonesia
Biografi Agnes Monica – Yang Muda Yang Mendunia
Biografi Bob Sadino – Pemilik Kemfood dan Kemchick
Biografi Mario Teguh – Inspirator dan Motivator No 1 Indonesia
Biografi Merry Riana – Motivator Wanita No 1 di Asia dan Pengusaha Muda Berpenghasilan 1 Juta Dolar Di Usia 26 Tahun
Biografi Felix Baumgartner - Skydiver Pertama Yang Terjun Di Titik Tertinggi
Biografi Lee Myung Bak - Dari Tuna Wisma Menjadi Presiden Korea Selatan
Biografi Lim Goh Tong - Dari Pedagang Sayur Menjadi Pemilik Resort Bergengsi



 



 




Related Posts: Biografi BJ Habibie – Bapak Teknologi dan Demokrasi Indonesia